Apa Nama Islandiamu?


Jakarta - Islandia punya sistem penamaan khas yang membuat banyak penduduk di sana memiliki nama berakhiran 'Son'. Kalau lahir di Islandia nama Anda seperti apa, ya?

Berhasil melaju ke perempatfinal, Islandia sampai saat ini menjadi kejutan terbesar di Piala Eropa 2016. Negara dengan penduduk hanya sekitar 330.000 orang itu sudah menjadi sensasi setelah dua kali mengalahkan Belanda di babak kualifikasi dan dilanjutkan dengan mendepak Inggris di fase 16 besar.

Banyak cerita menarik dari keberadaan Islandia di Piala Eropa 2016. Selain soal status debutan dan kondisi negaranya yang jauh dari ideal untuk menjadi kekuatan sepakbola Eropa, hal unik dari Islandia adalah soal nama-nama pemainnya.


Penduduk negara tersebut terhitung jarang menggunakan nama keluarga meski bukan berarti tidak ada  karena mereka lebih umum menggunakan nama orang tua sebagai nama belakang.

Sebagai contoh, jika si orang tua bernama "Jon" dan si anak (laki-laki) bernama "Olafur", maka nama lengkapnya adalah "Olafur Jonsson". Jika si anak berjenis kelamin perempuan dan bernama "Sigridur", ia akan diberi nama lengkap "Sigridur Jonsdottir". Imbuhan '-Son' diberikan untuk anak laki-laki, sementara '-Dottir' diberikan untuk anak perempuan

Merujuk dari tata cara penamaan tersebut, nama dari ayah gelandang timnas Islandia, Aron Gunnarsson, adalah Gunnar. Sementara ayah dari Gylfi Sigurdsson adalah Sigurdur.

Mungkin demi mendukung tetangga dekatnya yang sedang bertarung di Piala Eropa, sebuah situs berita asal Norwegia membuat mesin generator nama. Melalui generator nama itu Anda bisa mengetahui seperti apa nama Anda jika diaplikasikan dalam tata penamaan Islandia.

Anda tinggal memasukkan nama depan dan nama belakang pada kolom yang sudah disiapkan. Langkah selanjutnya adalah memilih jenis kelamin. Terakhir klik 'create icelandic name'.


Voila! Munculah nama Anda dalam bahasa Islandia, lengkap sudah terpampang di bagian belakang jersey timnas negara tersebut.

Dikutip dari Icelandmonitor, sistem penamaan yang disajikan di mesin generator nama itu tidak sempurna secara gramatikal. Tapi cukup oke untuk bersenang-senang.

Sumber : http://sport.detik.com



Berlangganan Berita Terbaru:

0 Response to "Apa Nama Islandiamu?"

Post a Comment

Sumber Lain