Rusia Tegaskan Berhak Respon Ekspansi NATO di Eropa Timur


MOSKOW - Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov menyuarkan kekhawatirkan atas ekspansi yang dilakukan oleh NATO di kawasan Eropa timur. Dirinya menyebut Rusia berhak untuk memberikan respon yang memadai atas ekspansi itu.

"Kami tidak menyembunyikan sikap negatif untuk pergerakan infrastruktur militer NATO terhadap perbatasan kami, untuk menyeret negara-negara baru ke dalam aktivitas militer dari NATO," kata Lavrov dalam konferensi pers dengan timpalannya dari Finlandia Timo Soini di Moskow.

"Di sini kita akan memanggil hak kedaulatan Rusia untuk memastikan keamanannya dengan langkah-langkah yang memadai untuk menghalau risiko yang ditumbulkan. Saya yakin bahwa teman-teman Finlandia dan negara tetangga kami lainnya memahami hal ini," sambungnya, seperti dilansir Reuters pada Senin (6/6).

NATO sendiri seperti diketahui baru saja meresmikan basis militer baru mereka di Rumania. Selain itu, NATO juga dikabarkan akan segera mengirimkan empat batalion pasukan ke empat negara di kawasan Eropa timur, salah satunya dalah Polandia.

Sebagai respon atas hal ini, Presiden Rusia Vladimir Putin telah mengatakan bahwa Rusia dengan sangat terpaksa akan memasukan kedua negara tersebut kedalam daftar sasaran mereka. Karena, menurut Putin apa yang dilakukan kedua negara itu bis memberikan ancaman langsung kepada Rusia.
Sumber: http://international.sindonews.com

Berlangganan Berita Terbaru:

0 Response to "Rusia Tegaskan Berhak Respon Ekspansi NATO di Eropa Timur"

Post a Comment

Sumber Lain