Prancis Hendak Ajarkan Bahasa Arab di SD Picu Kemarahan


PARIS - Pemerintah Prancis berencana mengajarkan bahasa Arab untuk para siswa sekolah dasar (SD). Namun, rencana itu justru memicu kemarahan, terutama dari kelompok anti-imigran.

Rencana Prancis mengajarkan bahasa Arab di SD disampaikan Menteri Pendidikan Prancis, Najat Vallaud-Belkacem. Menurutnya, bahasar Arab akan jadi pilihan bahasa untuk dipelajari para siswa SD di Prancis.

”(Bahasa) Arab akan diajarkan di SD dasar jika sumber daya manusia ada dan jika orangtua meminta untuk itu,” kata Vallaud-Belkacem kepada penyiar BFM.

Dia menekankan bahwa bahasa Arab adalah bahasa resmi dari 26 negara di Afrika dan Semenanjung Arab. Namun, bahasa asing diajarkan kurang dari 0,1 persen di SD Prancis. Kondisi itu berbeda dengan di Jerman dan Inggris.

Sejumlah kelompok anti-imigran, termasuk para politisi sosialis mengecam rencana itu.

”Anak-anak muda tidak perlu kesesatan ini, namun (kebutuhan) harus diperkuat kursus bahasa dan sejarah Prancis untuk asimilasi yang sukses,” kata Louis Aliot dari poltisi partai sayap kanan Front Nasional (FN) melalui Twitter yang dikutip Jumat (3/6/2016).

”Di Prancis itu budaya Prancis tunggal yang harus dipelajari lebih dulu,” kata anggota parlemen Prancis Bruno Le Maire kepada BFM.

”Rupanya, Anda tidak suka Prancis,” imbuh Jean-Frederic Poisson, politisi dari partai sayap kanan Demokrat Kristen mengacu pada Menteri Vallaud-Belkacem. Dia mendesak menteri perempuan Prancis itu untuk mengundurkan diri.

Annie Genevard, seorang anggota parlemen dari Partai Republik, telah memperingatkan bahwa mengajarkan bahasa Arab akan menjadi "kuda Troya" yang mengarah ke "indoktrinasi Islam".

Prancis sendiri merupakan rumah bagi komunitas Muslim terbesar di Eropa. Meskipun tidak ada angka resmi, media Prancis melaporkan bahwa sekitar 6-10 persen dari penduduk Prancis adalah Muslim. Sedangkan Islam menjadi agama dengan penganut terbesar kedua di negara itu setelah Katolik.



Sumber: http://international.sindonews.com

Berlangganan Berita Terbaru:

0 Response to "Prancis Hendak Ajarkan Bahasa Arab di SD Picu Kemarahan"

Post a Comment

Sumber Lain