Menkes: Tolong Jangan Angkut Anak Pakai Motor Saat Mudik


Solo - Menteri Kesehatan, Nila FA Moeloek, mewanti-wanti pemudik motor untuk tidak membawa anak-anaknya naik motor. Nila mengatakan sebaiknya pemudik motor lebih dulu menitipkan motornya lewat angkutan motor dan selanjutnya menggunakan motor dalam jarak dekat. Selain itu dia menekankan agar pemudik motor sesering mungkin memanfaatkan pos pelayanan kesehatan yang disediakan.

"Kami imbau motor jangan diboyong semuanya. Itu betapa sangat berbahaya. Dari istri, anak dan semua barang diangkut pakai satu motor. Ini tanggung jawabnya orangtua kepada anak gimana? Tolong dengan sangat, karena motor ini sangat berbahaya lengah sedikit saja, mengantuk sedetik saja bisa membahayakan keselamatan semuanya," ujar Nila kepada wartawan di saat meninjau pos kesehatan Terminal Tirtinadi Solo, Rabu (22/6/2016).

Dia menyarankan agar pemudik motor lebih baik menitipkan motornya pada angkutan motor mudik, sedangkan orangnya menggunakan kendaraan angkutan umum. Motor baru digunakan dalam jarak dekat dari tempat pos penurunan motor mudik ke rumah masing-masing.

Nila juga memberikan imbauan khusus kepada para pemudik motor untuk lebih sering mamanfaatkan pos-pos kesehatan di sepanjang jalur mudik untuk mengurangi resiko kecelakaan karena kelelahan atau mengantuk. Menurutnya, langkah seperti itu lebih baik dilakukan daripada berakibat fatal.

"Kalau sudah merasakan ada yang ketidaknyamanan baik itu mengantuk atau merasa sedikit lelah saja, langsung berhenti di pos pelayanan kesehatan. Jangan ambil resiko. Berhenti dulu sekitar 15 menit untuk istirahat, itu akan lebih baik. Petugas akan memberikan pelayanan semua keluhan," lanjutnya.

Sumber : 

Berlangganan Berita Terbaru:

0 Response to "Menkes: Tolong Jangan Angkut Anak Pakai Motor Saat Mudik"

Post a Comment

Sumber Lain