Mendikbud Anies Kunjungi Lokananta Solo, Dengarkan Pidato Bung Karno


Solo - Di sela kunjungan terkait banjir, Mendikbud Anis Baswedan mampir ke studio rekaman legendaris di Solo, Lokananta. Di sana, dia mendengarkan musik daerah dan pidato Bung Karno pada Asian Games 1960.

Lokananta berada di Jl Ahmad Yani Surakarta. Luasnya sekitar 2.250 meter persegi. Di sini, piringan hitam direkam dulu kala.

Anies datang dan langsung masuk ke ruang remastering. Di ruang ini semua koleksi piringan hitam kembali direkam ke dalam format digital. Kemudian terlihat mendengarkan musik dan pidato.

"Lokananta ini perusahaan rekaman pertama dan banyak sekali karya musik tradisional disimpan di sini. Kalau tidak salah ada 5.000 piringan hitam. Ini salah satu ikon bangsa. Tadi saya dengar rekaman pidato Bung Karno dan lagu daerah, yang diputar waktu Asian Games tahun 1960," ujar Anies.

Anies mengharapkan keberadaan Lokananta sebagai warisan budaya digemari pelajar di Indonesia. "Kita tengah memikirkan bagaimana tempat bisa jadi tempat pembelajaran. Jadi warisan budaya untuk anak-anak belajar," jelasnya.

Sebelumnya, Anies dan Wali Kota FX Hadi Rudyatmo memberikan arahan terhadap 224 peserta guru kurikulum di SMKN 2 Surakarta. Anies menitikberatkan pesan moral kepada guru. Mendidik anak murid tidak hanya dari skill tetapi juga perilaku.

"Saya berharap guru bisa menjadi insipirasi tetapi yang nomor satu jadi pembelajar, karena guru yang tidak punya sifat pembelajar maka selesai sudah proses pendidikan. Guru harus belajar dan terus belajar mengajar," ujar Anies di SMKN 2 Surakarta

Usai memberikan arahan, Anies mengeluarkan telepon genggam miliknya untuk selfie bersama Walikota Solo. Sebagian guru peserta pelatihan juga ikut selfie.


Sumber : http://news.detik.com

Berlangganan Berita Terbaru:

0 Response to "Mendikbud Anies Kunjungi Lokananta Solo, Dengarkan Pidato Bung Karno"

Post a Comment

Sumber Lain