Denuklirisasi Korut, AS Minta Bantuan China


WASHINGTON - Amerika Serikat (AS) akan menggunakan dialog bilateral terbaru dengan China untuk meminta bantuan dalam denuklirisasi Korea Utara (Korut). Menurut AS, ini dilakukan untuk menjadikan wilayah semenanjung Korea menjadi wilayah bebas senjata nuklir.

"Apa yang kita cari adalah kesepakatan untuk menegosiasikan denuklirisasi semenanjung Korea. Kami memiliki kesempatan yang jauh lebih baik untuk melakukannya jika bekerjasama dengan China," kata asisten Menteri Luar Negeri AS Daniel Russel, seperti dilansir Sputnik pada Rabu (1/6).

Russel juga mencatat bahwa China telah menjadi rekan AS di DK PBB dalam menentukan beberapa sanksi ekonomi terberat yang pernah dikenakan DK PBB pada Negeri yang dipimpin Kim Jong-un itu.

Dirinya juga mengatakan bahwa sejumlah sanksi ekonomi yang dijatuhkan kepada Korut bukan dimaksudkan untuk menundukan mereka. Sanksi itu bertujuan untuk menyadarkan Korut bahwa apa yang mereka lakukan selama ini adalah sesuatu hal yang salah.

"Tujuan dari sanksi ekonomi DK PBB yang dikenakan pada pemerintah Pyongyang itu tidak ditujukan untuk menundudukan pemerintah Korut, tapi ditujukan untuk menyentuh perasaan mereka," ucapnya.



Sumber: http://international.sindonews.com



Berlangganan Berita Terbaru:

0 Response to "Denuklirisasi Korut, AS Minta Bantuan China"

Post a Comment

Sumber Lain