AS ingin kerahkan pasukan gulingkan rezim Suriah, siap lawan Rusia?


Lebih dari 50 pejabat Kementerian Luar Negeri Amerika Serikat menandatangani surat pernyataan internal yang memprotes kebijakan AS di Suriah. Mereka menyerukan militer AS dikerahkan untuk menggulingkan rezim Basyar al-Assad sebagai satu-satunya cara buat mengalahkan kelompok Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS).

Stasiun televisi CNN melaporkan, Jumat (17/6), para pejabat itu mengatakan kebijakan di Timur Tengah kian mengkhawatirkan seiring masih terus terjadi kekerasan di Suriah. Mereka mendesak dilakukan langkah tepat untuk memecah kebuntuan supaya proses diplomatik lebih terarah.

Stasiun televisi CNN mendapatkan rancangan dari surat pernyataan yang dikategorikan rahasia negara itu.

Sebanyak 51 orang yang menandatangani surat itu kebanyakan adalah pejabat karir yang sebelumnya sudah pernah bertugas di luar negeri dan terlibat dalam pengambilan kebijakan terkait Suriah dalam beberapa tahun belakangan.

Surat pernyataan itu menggambarkan betapa AS menginginkan tindakan militer yang lebih tegas untuk memaksa Assad merundingkan sebuah solusi diplomasi.

Sumber di Kementerian Luar Negeri terkait soal surat itu mengatakan para pejabat itu sudah membahas hal ini sejak lama dan akhirnya mereka memutuskan mengambil langkah maju karena perundingan dengan Rusia soal peralihan kepemimpinan politik di Suriah sudah gagal dan upaya gencatan senjata sepertinya tidak berhasil.

Jika benar AS menginginkan langkah yang lebih konkret buat melengserkan rezim Assad di Suriah maka hal itu tentu akan bertentangan dengan kepentingan Rusia yang ingin tetap membela dan mempertahankan Assad. Apakah ini akan memicu timbulnya kembali Perang Dingin antara AS dan Rusia? Atau yang lebih jauh, apakah konflik Suriah ini akan menjadi pemantik Perang Dunia Ketiga? Waktu yang akan menjawabnya

Sumber : http://www.merdeka.com

Berlangganan Berita Terbaru:

0 Response to "AS ingin kerahkan pasukan gulingkan rezim Suriah, siap lawan Rusia?"

Post a Comment

Sumber Lain