5 Alasan Mudik Naik Pesawat Adalah Pilihan Terbaik untuk Lebaran 2016


Jakarta -
Jumlah pemudik yang menggunakan pesawat terus meningkat setiap tahunnya. Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memperkirakan pemudik yang memilih jalur udara pada Lebaran 2016 ini bisa mencapai angka 4,7 juta jiwa, atau naik sebesar 7,62% dibanding musim mudik 2015.

Peningkatan jumlah pemudik yang memilih naik pesawat tentu bukan tanpa alasan. Mudik dengan pesawat dinilai memberikan sejumlah keuntungan tersendiri bagi pemudik, di antaranya lima hal berikut:

1. Proses pemesanan tiket lebih mudah dan cepatDi antara beberapa jenis angkutan umum mudik yang ada, pesawat merupakan moda transportasi yang pemesanan tiketnya paling mudah. Bandingkan dengan kereta api yang proses pemesanan tiketnya cenderung memakan waktu dan melelahkan. Tak heran mengandalkan calo adalah hal yang biasa terjadi, namun itu juga belum menjamin Anda pasti mendapatkan tiket. Berbeda jika memilih menggunakan pesawat, tanpa calo pun, Anda bisa dipastikan mendapatkan tiket mudik dengan praktis.

Salah satu cara paling praktis untuk pesan tiket pesawat mudik adalah melalui Traveloka App. Aplikasi mobile Traveloka ini memberikan banyak kemudahan dengan beragam fiturnya. Selain proses yang mudah dan cepat, Anda juga bisa menyaring hasil pencarian berdasarkan maskapai atau jadwal penerbangan. Sedikit tips, jika ingin mendapatkan penerbangan lebih murah, Anda bisa mencoba jam keberangkatan saat subuh setelah santap sahur.

Selain itu, naik pesawat juga tidak mengharuskan Anda mencetak tiket. Cukup tunjukkan e-tiket yang ada di Traveloka App atau email dan Anda bisa segera check-in di bandara.

2. Waktu tempuh perjalanan lebih singkatSiapa yang tak ingin segera sampai ke kampung halaman dan bertemu dengan keluarga tercinta? Namun terkadang, perjalanan yang ditempuh membutuhkan waktu yang lebih lama, apalagi jika Anda memilih jalur darat untuk mudik. Sebagai contoh, Anda butuh waktu sekitar 12 jam dengan kereta untuk rute Jakarta – Surabaya. Hal ini jauh berbeda jika Anda memilih naik pesawat, hanya butuh satu jam untuk rute yang sama.

Hematnya waktu perjalanan ini paling tidak memberikan dua keuntungan bagi Anda. Pertama, Anda tidak mengalami kelelahan di jalan karena terlalu lama duduk di dalam kereta atau mobil. Hal lainnya adalah Anda bisa menghabiskan lebih banyak waktu di rumah untuk berkumpul bersama keluarga.

3. Ada banyak promo menarik yang ditawarkan online travel agent (OTA)Memasuki Ramadhan 2016, OTA sudah mulai berlomba memberikan promo-promo bertema mudik Lebaran. Seperti Traveloka, yang memiliki promo khusus pemegang kartu kredit Standard Chartered, bertajuk "Libur Lebaran Tanpa Beban". Promo ini menawarkan diskon sampai dengan Rp200.000 untuk pemesanan tiket pesawat atau hotel.Itu baru satu promo di awal Ramadhan 2016. Anda bisa bayangkan ragam promo dari berbagai OTA hingga mendekati Hari Raya Idul Fitri nanti. Penawaran spesial seperti ini mungkin sulit Anda temukan jika memilih bus atau kereta api sebagai transportasi mudik.

4. Ada fasilitas bagasi jadi tak perlu repot dengan barang bawaanFasilitas ini bisa dibilang unggulan bagi pemudik, terutama karena umumnya orang-orang yang pulang ke kampung halaman membawa banyak barang bawaan. Dengan memanfaatkan fasilitas bagasi, Anda tak perlu membawa semua barang ke dalam kabin atau menenteng tas, koper, atau boks barang ke mana-mana saat sedang menunggu keberangkatan. Cukup daftarkan barang bawaan ketika check-in dan selanjutnya, Anda bisa mengambilnya kembali saat tiba di bandara tujuan.

Jangan lupa untuk menyimpan barang-barang berharga dan yang dibutuhkan selama perjalanan ke dalam tas kabin agar Anda bisa mengambilnya dengan mudah. Rata-rata maskapai menetapkan batas bagasi gratis 10 – 20 kg per penumpang.

5. Tingkat kecelakaan jalur udara relatif lebih rendah dibandingkan jalur daratSayang sekali, berita kecelakaan di jalan santer terdengar tiap periode mudik. Mengutip ANTARA News, tercatat sebanyak 266 kasus kecelakaan darat terjadi sampai pada H-3 Lebaran 2015. Bandingkan dengan angka kecelakaan jalur udara yang menurut catatan Aviation Safety Network, hanya terjadi 16 kecelakaan pesawat di dunia sepanjang tahun 2015.

Situs Travel + Leisure juga menjelaskanberbagai keunggulan moda transportasi udara di bidang keselamatan dan keamanan jika dibandingkan dengan jenis transportasi lain. Menurut penjelasannya, setiap pesawat dirancang sedemikian rupa agar tetap memiliki sistem aerodinamika tinggi, desain kabin yang memudahkan evakuasi darurat, pilot terlatih dan sistem lalu lintas udara yang dikontrol oleh Air Traffic Control di setiap bandara.

Mudik dengan pesawat memberikan banyak keuntungan buat Anda, mulai dari kemudahan saat pesan tiket, fasilitas bagasi yang bermanfaat, sampai jaminan keamanan selama terbang berkat teknologi tinggi yang digunakan dalam pengoperasiannya. Karena yang terpenting dalam mudik adalah kenyamanan dan keselamatan, sudah sepatutnya Anda memilih moda transportasi yang menawarkan itu semua sekaligus.

Sumber : http://news.detik.com


AV

Berlangganan Berita Terbaru:

0 Response to "5 Alasan Mudik Naik Pesawat Adalah Pilihan Terbaik untuk Lebaran 2016"

Post a Comment

Sumber Lain