Wakil PM Australia Bantah Tuduh Indonesia Dalangi Aksi Pencari Suaka


CANBERRA - Wakil Perdana Menteri (PM) Australia, Barnaby Joyce, membantah bahwa dia secara tersirat menuduh Indonesia mendalangi aksi pencari suaka berdatangan ke Australia.

Joyce berusaha untuk mengklarifikasi komentarnya yang dianggap menghubungkan maraknya kedatangan para pencari suaka dengan kapal dengan larangan ekspor sapi Australia ke Indonesia di era Pemerintah Perdana Menteri Julie Gilard tahun 2011.

Komentar yang secara tersirat menuduh Indonesia mendalangi aksi “manusia perahu” menuju Australia itu sudah ditolak Pemerintah Indonesia dan mantan Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa.

Pada perdebatan para pemimpin regional di Goulburn, hari Rabu, Joyce mengatakan: "Mungkin saya mengingatkan Anda ketika kita menutup industri ekspor hewan hidup, itu sekitar waktu yang sama ketika kita mulai melihat banyak orang tiba dengan kapal di Australia.”

Hari ini (26/5/2016), Wakil PM Australia ini buru-buru membantah atas komentarnya. ”Saya tidak mengatakan bahwa ini menyebabkan Indonesia untuk mulai mengirim orang di seluruh (Australia). Saya tidak pernah menyarankan itu,” katanya.

“Apa yang saya jelaskan menunjukkan bahwa itu membuat sulit, itu memberi hal nyata soal kesulitan dalam bagaimana kita bernegosiasi dengan Indonesia,” lanjut dia, seperti dikutip Guardian.

Pemerintah Indonesia tegas membantah tuduhan itu. Menurut Indonesia, tidak ada hubungannya antara kebijakan larangan ekspor sapi oleh Australia ke Indonesia dengan meningkatnya jumlah pencari suaka dengan kapal ke Australia.

Sumber: http://international.sindonews.co




Berlangganan Berita Terbaru:

0 Response to "Wakil PM Australia Bantah Tuduh Indonesia Dalangi Aksi Pencari Suaka"

Post a Comment

Sumber Lain