Target Indonesia Tinggal Kalahkan Thailand untuk Ekspor Mobil


Jakarta -Dalam hal penjualan di pasar domestik, Indonesia sudah mengalahkan Thailand. Indonesia ada sejuta mobil yang terjual setiap tahun, sementara Thailand masih di bawah itu.

Namun menurut Gaikindo (Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia), ekspor mobil dari Indonesia masih kalah oleh Thailand. Nah ini yang akan dikejar.

"Saya mau ngalahin total produksinya termasuk ekspor, karena ekspor buat saya lebih penting, itu menjadi basisnya," ujar Ketua Umum Gaikindo Yohannes Nangoi.

Menurut Nangoi, bila Indonesia sudah memiliki jumlah ekspor yang besar, maka akan lebih bermanfaat nantinya untuk Indonesia dan para investor.

"Karena kalau ekspor, akhirnya Indonesia dipikir untuk menjadi produksi di Indonesia, berarti para investor sudah lebih yakin kepada Indonesia. Kan kalau mareka domestiknya gede mau ga mau, mereka produksi di Indonesia. Tapi kalau ekspornya gede berarti mereka percaya Indonesia supaya bisa dibikinnya di Indonesia, diekspor ke dunia itu luar biasa, itu tujuan saya sebenarnya," tutur Nangoi.

Saat ini seperti yang dikatakan Nangoi, berdasarkan jumlah total market domestik, Indonesia berada di atas angin dibandingkan Thailand.

"Kalau tidak salah market domestik Thailand sekitar 750 sampai 800 ribu, kita menang di atas mereka, kita sampai di atas 1 juta domestik," ungkap Nangoi.

Namun untuk segi produksi, Nangoi mengatakan Indonesia masih jauh tertinggal dari Thailand. "Produksi kita kalah jauh. Karena mereka ekspornya tinggi, mereka ekspor 800 - 900 ribu, kita cuma 200 ribu. Jadi kalau 1.050.000 di tambah 200 ribu kira-kira satu seperempat juta, di sana (Thailand) kira-kira 750 ribu ditambah 800 ribu mungkin 1,5 sampai 1,6 juta," tambah Nangoi.

Sanggupkah Indonesia menjadi basis produksi mobil utama di kawasan ASEAN?


Sumber : http://oto.detik.com

Berlangganan Berita Terbaru:

0 Response to "Target Indonesia Tinggal Kalahkan Thailand untuk Ekspor Mobil"

Post a Comment

Sumber Lain