Penipu Modus 'Info Lowongan Kerja' via Medsos Dibekuk, Korbannya Belasan

 
Banda Aceh - Pengguna media sosial harus berhati-hati dengan informasi lowongan kerja yang diposting oknum tertentu. Di Aceh, pelaku penipuan memanfaatkan dunia maya untuk menjaring korbannya.

Dua ibu rumah tangga asal Kecamatan Dewantara, Aceh Utara, Aceh ditangkap aparat Polres Lhokseumawe karena menipu belasan pengguna media sosial. Kedua pelaku mengiming-imingi korban menjadi pegawai rumah sakit.

Kapolres Lhokseumawe, AKBP Hendri Budiman, mengatakan, kedua pelaku berinisial EL dan AA sudah menggelar aksinya sejak 12 Oktober 2015 silam. Mereka memposting informasi di Facebook tentang penerimaan pegawai beberapa rumah sakit di Lhokseumawe.

Korban yang tergiur dengan lowongan kerja tersebut selanjutnya diminta untuk mentransfer sejumlah uang ke pelaku. Jumlah uang yang diminta bervariasi antara Rp 3 juta hingga Rp 4 juta.

"Ada 19 korban yang sudah mereka tipu," kata Kapolres kepada wartawan di Mapolres Lhokseumawe, Jumat (26/8/2016).

Kedua tersangka ditangkap pada Senin (22/8) lalu berdasarkan laporan dua korban yang mengaku dijanjikan menjadi pegawai di tiga rumah sakit serta berbagai instansi lainnya. Selama menjalankan aksinya, para tersangka sudah berhasil meraup Rp 68 juta.

"Sisa barang bukti yang kami sita sekira Rp 700 ribu, selebihnya sudah dipergunakan oleh tersangka," jelas Kapolres.

"Kami mengimbau kepada masyarakat, bila ada info lowongan kerja, kroscek dulu kebenarannya. Jangan daftar melalui calo atau perantara," imbau Hendri. 

Sumber : http://news.detik.com

Berlangganan Berita Terbaru:

0 Response to "Penipu Modus 'Info Lowongan Kerja' via Medsos Dibekuk, Korbannya Belasan"

Post a Comment

Sumber Lain