Pergantian PM Inggris dan Kisah Larry Si Pemburu Tikus di Downing Street


London - Seekor kucing bernama Larry yang tinggal di kantor Perdana Menteri Inggris, 10 Downing Street, London menarik perhatian publik. Larry yang tinggal di Downing Street sejak tahun 2011 lalu ini, memiliki gelar resmi sebagai 'Chief Mouser'.

Publik Inggris sempat khawatir dengan nasib Larry ketika David Cameron mengakhiri jabatannya sebagai PM Inggris pada Rabu (13/7). Namun juru bicara pemerintah Inggris menyatakan, kucing jantan itu akan tetap tinggal di Downing Street saat Theresa May menggantikan Cameron sebagai PM Inggris.

"Dia kucing milik pegawai sipil dan tidak menjadi milik keluarga Cameron -- dia akan tetap tinggal," terang juru bicara pemerintahan Inggris soal nasib Larry, seperti dilansir media Inggris, BBC, Kamis (14/7/2016).

Situs resmi pemerintah Inggris, menyebut Larry diadopsi dari penampungan hewan Battersea Dogs and Cats di London, pada 15 Februari 2011 lalu. Dia dibawa ke Downing Street dengan tugas membasmi tikus, setelah seekor tikus besar terlihat berkeliaran di pintu depan kantor PM Inggris yang bernomor 10 itu, saat tayangan langsung televisi setempat.

Larry dipilih karena dianggap memiliki dorongan predator kuat dan gemar bermain dengan mainan berbentuk tikus. Dia menjadi kucing pertama yang secara resmi diberi gelar 'Chief Mouser'. Tapi pada praktiknya, seperti diberitakan media Inggris, Larry disebut tidak cekatan dalam memburu tikus. The Daily Telegraph pada Februari 2011 menyebut Larry lebih sering tidur daripada menangkap tikus yang berkeliaran. The Independent menyebut Larry tidak tertarik dengan tikus-tikus di Downing Street.

Berbagai pemberitaan media itu terklarifikasi pada Juni tahun yang sama, ketika Cameron menegaskan Larry menjalankan tugasnya dengan baik dan berhasil membunuh beberapa tikus. Dan pada Agustus 2012, media Inggris mengakui keunggulan Larry dalam berburu tikus.

"Saksi mata melihat Larry duduk dengan bangga di luar pintu Nomor 10 ... dengan bangkai tikus. Saya bisa memastikan kucing itu telah membunuh seekor tikus pagi ini," ucap juru bicara Downing Street saat itu.

Larry mengikuti jejak sejumlah kucing Downing Street lainnya, yang bertugas memburu tikus di kantor kepala negara itu. Sebelum Larry, ada kucing bernama Humphrey yang diadopsi tahun 1989 setelah berkeliaran di kompleks Downing Street selama kepemimpinan PM Margaret Thatcher. Humphrey pensiun tahun 1997. Humphrey sangat terkenal saat itu, bahkan ketika Tony Blair menjabat PM Inggris periode 1997-2007, otoritas Inggris terpaksa menggelar sesi foto untuk kucing itu karena beredar rumor Humphrey disuntik mati oleh istri Blair.


Setelah Humphrey pensiun, ada seekor kucing bernama Sybil, milik Menteri Keuangan saat itu Alistair Darling, yang bertugas menangkap tikus di Downing Street tahun 2007. Namun Sybil tak bertahan lama dan dipulangkan ke Skotlandia.

Sebelum Humphrey, Sybil dan Larry, beberapa kucing lainnya tinggal di Downing Street dengan gelar yang sama, namun secara tidak resmi. Salah satunya kucing bernama Wilberforce yang tinggal di Downing Street sejak tahun 1973-1988 di bawah empat PM Inggris yang berbeda. Kemudian ada juga kucing bernama Munich Mouse yang tinggal di Downing Street pada tahun 1937-1943 silam. 

Sumber : http://news.detik.com

Berlangganan Berita Terbaru:

0 Response to "Pergantian PM Inggris dan Kisah Larry Si Pemburu Tikus di Downing Street"

Post a Comment

Sumber Lain