Niat Singapura Jegal Tax Amnesty Akan Gagal


JAKARTA - Niat Singapura menjegal kebijakan pengampunan pajak atau tax amnesty dengan cara memberlakukan penghapusan pajak bagi para pemilik aset besar, menurut Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) Hariyadi Sukamdani tidak akan berhasil. Dia sangat yakin Warga negara Indonesia (WNI) yang memiliki aset besar di luar negeri akan tetap melakukan repatriasi.

"Mereka tidak bodoh. Singapura mengiming-imingi segala macam bentuk insentif. Tapi menurut saya, kalau niat awal mereka sudah ingin melakukan repatriasi aset, itu pasti akan berjalan," ucap dia di Jakarta, Rabu (20/7/2016)

Menurutnya dengan keadaan ekonomi stabil, ditambah berlakunya tax amnesty, membuat Indonesia mampu menawarkan investasi dengan tingkat imbal hasil maupun bunga menarik dan menguntungkan bagi investor ketimbang negara lain. Lanjut dia ini bisa jadi momentum agar dapat mencapai pertumbuhan ekonomi yang lebih baik dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

"Tax amnesty berjalan, pastinya investasi di sektor riil Indonesia lebih menarik dan menjanjikan dibanding Singapura hingga Swiss. Karena negara-negara tersebut cuma berminat di portofolio jasa keuangan. Uang repatriasi yang masuk ke sini bisa diputar dengan tingkat imbal hasil bagus," lanjutnya.

Dia meyakini juga bahwa WNI tidak akan terpengaruh dengan penawaran insentif jor-joran dari Singapura. Bahkan beberapa waktu lalu, Direktur Jenderal Pajak Ken Dwijugiasteadi mengatakan, Singapura sudah memasang ancang-ancang untuk memberikan insentif kepada orang-orang yang menyimpan asetnya di sana seperti kemudahan kewarganegaraan, membayarkan uang tebusan repatriasi WNI sebesar 4% demi mempertahankan dana tersebut tidak mudik ke Indonesia.

Tak hanya itu, Singapura juga memberikan iming-iming untuk menyimpan uang nasabah mereka ke Taiwan karena negara tersebut digadang-gadang akan menjadi salah satu negara tax havens.

"Semua itu tidak akan berpengaruh. Para pemegang dana besar itu kan juga mau uangnya berputar dengan tingkat imbal hasil besar. Upaya Singapura tidak akan bisa membendung arus balik repatriasi," pungkas Hariyadi

Sumber : http://ekbis.sindonews.com

Berlangganan Berita Terbaru:

0 Response to "Niat Singapura Jegal Tax Amnesty Akan Gagal"

Post a Comment

Sumber Lain