China Ciptakan Teleskop Guo Shoujing, Pengumpul Data 7 Juta Bintang


BEIJING – Sekelompok peneliti di China dikabarkan telah dilaporkan berhasil menemukan sebuah teleskop yang mampu mengumpulkan data lebih dari tujuh juta bintang. Teleskop ini nantinya dapat digunakan untuk mengompilasi database terbesar di dunia mengenai komposisi kimia, suhu, massa dan gerak.

Teleskop canggih bernama Large Sky Area Multi-Object Fibre Spectroskopic Telescope (LAMOST) telah beroperasi sejak 2012. Benda ini merupakan teleskop pertama yang mampu mengamati 4.000 bintang dalam waktu bersamaan. Demikian sebagaimana dilansir TIME, Rabu (27/7/2016).

Terletak di Provinsi Hebei utara China dekat Beijing, teleskop ini berhasil melakukan beberapa penemuan dalam bidang astronomi, termasuk penemuan sebuah bintang berkecepatan tinggi pada 2014.

Benda canggih tersebut juga dikenal dengan nama teleskop Guo Shoujing. Nama itu diberi untuk menghormati seorang astronom Cina abad ke-13. Selain menampung data bintang-bintang, teleskop China ini juga dapat membantu memperbaiki perhitungan massa “materi gelap”.

Terkait hal ini, seorang peneliti dari National Astronomical Observatories di bawah Chinese Academy of Sciences mengatakan data-data yang diperoleh dari teleskop Guo Shoujing merupakan hal terpenting dalam kajian astronomi.

Sumber : http://news.okezone.com

Berlangganan Berita Terbaru:

0 Response to "China Ciptakan Teleskop Guo Shoujing, Pengumpul Data 7 Juta Bintang"

Post a Comment

Sumber Lain