Tren Turunnya Kepercayaan Publik Jadi PR Partai

JAKARTA - Kinerja partai politik ke depannya harus terukur dalam menghadapi konstituen. Salah satunya, bagaimana partai bisa mengelola sumber daya keuangannya secara mandiri.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto mengatakan, partai politik sekarang menjadi partai elektoral yang disiapkan hanya untuk memenangkan pemilu saja. Sementara, fungsi partai tampil wajah yang berpihak pada wong cilik, kata dia terabaikan.

"Ada tren intervensi kapital yang kuat sehingga sumber kapital itu mendesakkan kepentingan agenda politiknya," ujar Hasto dalam kuliah umumnya yang disampaikan kepada mahasiswa Universitas Airlangga, Senin (30/5/2016).

Dia mengakui, tren kepercayaan publik terhadap partai pemenang pemilu sejak 1999 mengalami penurunan. Kecenderungan penurunan ini selayaknya menjadi Pekerjaan Rumah (PR) bagi partai politik yang harus diatasi.

Atas dasar itu, dirinya menegaskan, PDIP terbuka terhadap kritik. Menurutnya, masukan dan kritikan dari kampus akan diterima PDIP dengan terbuka. Harapannya, terjadi pembenahan di tubuh partai politik. "Kampus merupakan bagian masa depan bangsa. Apapun pilihan politik mereka," ucapnya.
Sumber: http://nasional.sindonews.com
AV>

Berlangganan Berita Terbaru:

0 Response to "Tren Turunnya Kepercayaan Publik Jadi PR Partai"

Post a Comment

Sumber Lain