Kapuas Hulu Siap Selenggarakan UNBK



KALIMANTAN- Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kapuas Hulu menyatakan kesiapannya untuk menyelenggarakan UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer) di kabupaten itu, tahun ajaran 2015-2016.

"Tahun ini ada satu SMA/sederajat yang akan menyelenggarakan UNBK, yakni SMK Negeri I Putussibau, karena memang fasilitas di SMK tersebut cukup memadai," kata Sekretaris Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kapuas Hulu, Jumran saat dihubungi di Putussibau, Rabu.

Ia menjelaskan, pihak SMKN I Putussibau sudah menyiapkan sebanyak 70 unit komputer, dengan jumlah peserta UNBK sebanyak 126 siswa.

"Pelaksanaan UNBK tersebut sebenarnya sangat efektif untuk UN (ujian nasional). Kami juga sudah menyiapkan satu buah genset, untuk mengantisipasi gangguan listrik yang saat ini sering mati," ungkapnya.

Menurut dia, melalui UNBK tersebut kerahasiaannya sangat terjamin. Sebab untuk membuka soal hanya bisa dilakukan oleh siswa peserta UN karena menggunakan password dan nomor peserta.
Mengingat SMKN I Putussibau hanya memiliki 70 unit komputer, maka pelaksanaan UNBK menggunakan sistem sesi pertama dan sesi kedua, oleh sebab itu pelaksanaan UNBK dilaksanakan pada tanggal 4 - 7 April 2016, katanya.

"Berbeda dengan penyelanggaraan UN menggunakan paper test yang hanya dilaksanakan pada 4 - 6 April," katanya.

Dia berharap, ke depan bukan hanya SMK yang menerapkan UNBK tetapi sejumlah sekolah-sekolah yang lain di Kapuas Hulu juga melakukan UNBK.

Sebelumnya, Kabid Pendidikan Menengah dan Tinggi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kalbar, Syafrudin menyatakan, sebanyak 29 SMA/sederajat, yakni 25 SMK, dan empat SMA di Kalbar yang akan menyelenggarakan UNBK tahun 2016.

Data Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kalbar, yakni UN tingkat SMA/sederajat tahun 2016 akan diikuti oleh sebanyak 36.861 peserta, yang akan diselenggarakan oleh 477 sekolah, terdiri SMA Negeri/sederajat 222 sekolah, dan SMA Swasta/sederajat 255 sekolah, yang akan diselenggarakan April 2016.

Adapun jumlah penyelenggara UNBK, di Kota Pontianak 10 SMA/sederajat, Kota Singkawang empat SMA/SMK, Sambas, Sanggau, dan Ketapang, masing-masing dua SMA/sederajat, kemudian Kabupaten Mempawah, Sintang, Putussibau, Bengkayang, Sekadau, Kubu Raya masing-masing satu SMA/sederajat. (das/ant)

Sumber: http://www.kalimantan-news.com

Berlangganan Berita Terbaru:

0 Response to "Kapuas Hulu Siap Selenggarakan UNBK"

Post a Comment

Sumber Lain