Delapan belas perguruan tinggi Asia masuk 100 universitas unggulan


CINA- Perguruan tinggi di Cina untuk pertama kalinya menembus 20 besar universitas terbaik di dunia versi peringkat yang disusun Times Higher Education.

Di daftar 100 universitas terbaik di dunia tahun ini, Asia dinilai mencatat kemajuan pesat, dengan menempatkan 18 perguruan tinggi, naik dari 10 lembaga pendidikan tinggi pada 2015.

Universitas Tokyo menempati posisi ke-12 sementara dua perguruan tinggi Cina, yaitu Universitas Tsinghua dan Universitas Peking, masing-masing berada di urutan 18 dan 21.

Joshua Mok Ka-Ho, wakil presiden Universitas Lingnan di Hong Kong mengatakan prestasi perguruan tinggi Asia ini tak lepas dari investasi dari sejumlah negara di Asia di bidang pendidikan.

Selain itu ada juga upaya meningkatkan kemampuan penelitian dan penerbitan karya ilmiah di berbagai jurnal internasional.

"Tren ini akan berlanjut karena makin banyak negara di Asia yang menyadari pentingnya penelitian, alih pengetahuan, inovasi, dan teknologi dalam mengubah ekonomi dan tatanan sosial," kata Joshua Mok Ka-Ho di situs Times Higher Education.

Ia menambahkan sudah saatnya bagi universitas-universitas dunia untuk meningkatkan kerja sama dengan mitra-mitra di Asia.

Urutan teratas perguruan tinggi terbaik di dunia ditempati oleh Universitas Harvard, yang telah menempati posisi puncak dalam enam tahun terakhir.

Disusul kemudian oleh Massachusetts Institute of Technology, Stanford University, serta dua perguruan tinggi Inggris -Universitas Cambridge dan Universitas Oxford- di urutan dua hingga lima.

Dari Asia, urutan tertinggi diisi oleh Universitas Tokyo yang menempati posisi ke-12.

 Sumber:www.bbc.com

Berlangganan Berita Terbaru:

0 Response to "Delapan belas perguruan tinggi Asia masuk 100 universitas unggulan"

Post a Comment

Sumber Lain