Dalam 8 Detik, Hasil Tes Urine 208 PNS di Pemprov Jabar Negatif Narkoba


Bandung - Sejumlah pejabat dan ratusan pegawai negeri sipil (PNS) di lingkungan Pemprov Jabar menjalani tes urine. Kegiatan mendadak usai masa libur panjang yang dilakukan Badan Narkotik Nasional Provinsi (BNNP) Jabar itu berlangsung di Gedung Sate. Bagaimana hasilnya?

"Tadi ada 208 orang yang tes urine. Semuanya negatif. Jadi enggak ada yang positif menggunakan narkoba," ucap Kepala BNNP Jabar Iskandar Ibrahim di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Senin (9/5/2016).

Petugas BNN Jabar menggunakan rapid test atau alat pendeteksi narkoba. Benda berukuran kecil tersebut secara cepat melacak enam parameter jenis narkoba yang di antaranya ganja dan sabu.

"Butuh waktu delapan detik untuk mengetahui urine tiap satu orang itu memakai narkoba atau tidak. Pemeriksaannya transparan. Tadi kan bisa dilihat langsung hasilnya, semua negatif," kata Iskandar.

Alat pendeteksi narkoba itu dicelupkan ke dalam wadah atau tabung berisi air urine para ASN terdiri eselon dua, tiga dan empat, termasuk Gubernur Jabar Ahmad Heryawan dan Wagub Jabar Deddy Mizwar. Tiap wadah disimpan di meja petugas BNN sehingga pengecekan urine bisa kelihatan langsung hasilnya.

Semua alat tersebut tertera dua garis merah atau negatif mengonsumsi enam jenis narkoba. "Kegiatan seperti ini bertujuan menangkal para PNS agar tidak terlibat penyalahgunaan narkoba," ujar Iskandar.
(bbn/ern)


Sumber: http://news.detik.com

Berlangganan Berita Terbaru:

0 Response to "Dalam 8 Detik, Hasil Tes Urine 208 PNS di Pemprov Jabar Negatif Narkoba"

Post a Comment

Sumber Lain