Baru Pertama Kali Bank Korea Utara Kerampokan

 
Pyongyang - Sejumlah uang tunai dicuri dari cabang bank sentral Korea Utara pada 4 April lalu. Ini merupakan perampokan bank pertama dalam sejarah negara itu.

Berawal ketika sekelompok penyerang bersenjata tidak dikenal masuk ke cabang bank sentral di Kota Cheongjin, kota dekat perbatasan Cina, dan merampok uang tunai sekitar 70 won Korea Utara, seperti dilansir Korean Times. 

Seorang juru bicara kepolisian menyatakan bahwa bank yang terletak di dekat Theater Dorip, Provinsi Hamgyong Utara, tersebut biasanya dikawal penjaga malam yang bertugas. Namun, saat kejadian, penjaga dilaporkan tidak berada di posnya.

Perampok kemudian memecahkan kaca pintu masuk dan membawa lari uang. Won, mata uang Korea Utara, tidak memiliki nilai tukar resmi terhadap mata uang asing.

Juru bicara polisi tersebut menambahkan bahwa bank itu masih ditutup dan pihaknya akan terus menyelidiki kejahatan yang diduga kuat dibantu orang dalam tersebut. "Perampokan itu mustahil dilakukan tanpa bantuan orang dalam," kata juru bicara polisi Korea Utara.

Perampokan tersebut membuat bank cabang di negara tersebut meningkatkan pengawasan dengan menempatkan lebih banyak petugas keamanan.

Kejadian perampokan tersebut menunjukkan bahwa bank di seluruh Korea Utara menyimpan uang lebih banyak dibandingkan biasanya menjelang kongres Partai Pekerja yang diperkirakan dimulai 6 Mei ini.


Sumber: Tempo.com

Berlangganan Berita Terbaru:

0 Response to "Baru Pertama Kali Bank Korea Utara Kerampokan"

Post a Comment

Sumber Lain