Jokowi: Indonesia-Jepang Sepakat Bangun Pelabuhan Patimban di Subang


Nagoya - Di sela kegiatan G7 Summit di Ise-Shima, Perfektur Mie, Jepang, Presiden Joko Widodo melakukan pertemuan bilateral dengan PM Jepang Shinzo Abe. Dalam pertemuan itu, kedua negara sepakat untuk menjalin komitmen membangun Pelabuhan Patimban di Kabupaten Subang, Jawa Barat.

Pertemuan Jokowi dan Abe berlangsung di Shima Kanko Hotel the Classic, Ise-Shima, Perfektur Mie, Jepang, Jumat (27/5) siang. Dalam pertemuan itu PM Abe menyampaikan langsung niat Jepang untuk bekerja sama dengan Indonesia membangun Pelabuhan Patimban.

"Berkaitan dengan pembangunan infrastruktur pelabuhan. Tadi siang kita juga bertemu dengan PM Jepang Shinzo Abe yang secara permulaan sudah dengan kita, sudah menyampaikan kesepakatannya untuk bersama-sama bekerja sama dengan Indonesia membangun pelabuhan Patimban," kata Jokowi kepada wartawan di Bandara Internasional Chubu, Nagoya, Jepang, Jumat (27/5/2016) sore sebelum lepas landas menuju Jakarta.

Belum dijelaskan apakah pertemuan itu sudah membahas soal skema pembangunan pelabuhan itu. Namun yang penting, kata Jokowi, sudah ada komitmen dari kedua belah pihak.

"Ya, paling tidak ada kesepakatan dulu. Jadi sudah sepakat mengenai Patimban," katanya.

"Nanti didalami oleh kementerian terkait," tambah Jokowi.

Pelabuhan Patimban merupakan pelabuhan pengganti dari rencana proyek Pelabuhan Cilamaya di Karawang, Jawa Barat, yang telah dibatalkan. Pelabuhan Patimban ini sangat dekat dengan kawasan industri di wilayah Jabar yang menjadi basis produksi perusahaan-perusahaan asal Negeri Sakura. 

Sumber: http://news.detik.com




Berlangganan Berita Terbaru:

0 Response to "Jokowi: Indonesia-Jepang Sepakat Bangun Pelabuhan Patimban di Subang"

Post a Comment

Sumber Lain